Ekspresi Emosi Manusia


Emang sebel kalo seseorang sedang marah kepada kita, entah itu dengan alasan apapun. Ada orang yang marah dengan cara membentak, teriak sambil ngomel-ngomel gak karuan, ada juga yang diam. Termasuk type yang manakah anda??

Sebuah pengalaman yang tidak mengenakkan buat saya pribadi, ketika seseorang sedang marah namun dia tak menunjukkannya kepada saya. Dan yang lebih tidak menyenangkan lagi, dia menyindir lewat belakang. Hal tersebut tak lantas membuat saya melonjak marah,  karena memang kesalahan ada pada saya pribadi, namun bukan berarti saya salah 100%.

Saya sendiri termasuk type-type orang yang diam saja ketika marah, lantas akan memuncak di kemudian hari ketika kemarahan tersebut di pendam terus-menerus. Meskipun hanya diam seribu bahasa namun tetap ada usaha untuk membicarakannya secara baik-baik, sebelum masalah menjadi kian besar.

Dari kejadian tersebut lantas bisa saya ambil beberapa kesimpulan,yaitu :
  • harus bagaimanakah kita bersikap terhadap seseorang, karena tiap orang memiliki pribadi yang berbeda-beda.
  • Sebelum kita benar-benar marah, tahan emosi terlebih dulu, kemudian introspeksi lah apa penyebab kemarahan anda. Karena meskipun kita yang marah, bukan berarti kesalahan ada pada orang yang kita marahi. bisa saja kitalah penyebab dari kemarahan anda itu sendiri.
  • kenali pribadi seseorang sebelum kita dekat lebih jauh lagi. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya salah paham yang berturut-turut yang pada akhirnya berujung pada kemarahan.
Meskipun kita sudah mencoba meredam emosi kita, terkadang memang disarankan kita meluapkan emosi kita yang sedang memuncak untuk meredamnya, asalkan dengan cara yang tidak berlebihan. Hal tersebut untuk mencegah kita dari penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi akibat emosi-emosi yang terpendam akibat tidak terekspresikannya amarah kita.
^_^

0 komentar:

Poskan Komentar